JAKARTA RAYA – Hyundai Motors Indonesia (HMID) siap meluncurkan jajaran produk baru sepanjang 2024. Tak tanggung-tanggung, bakal ada hingga % mobil baru yang akan diperkenalkan di Tanah Air hingga akhir tahun ini.

“Di tahun 2024 ini, kami berkomitmen untuk terus memberi pengalaman berkendara terbaik bagi pengguna, salah satunya dengan menghadirkan lebih banyak kendaraan inovatif yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia,” ujar President Director PT HMID Woojune Cha di Jakarta, Selasa.(6/2/2024).

sementara itu, Chief Marketing Officer HMID, Budi Nur Mukmin, Hyundai Indonesia menyiapkan berbagai model baru buat tahun 2024. Model-model baru ini direncanakan mengisi berbagai segmen mobil di Indonesia.

“Oke, kita ada 5 produk (mobil) baru. Kalau ditanya segmennya yang mana sebenarnya tadi udah ada clue kan ketika ada yang bertanya apakah masuk ke segmen affordable (terjangkau) atau masuk ke segmen medium segala macam, jawabannya adalah tunggu saja,” kata Budi.

“Poinnya adalah, ketika kita memperkenalkan model baru kita ingin masuk ke segmen yang tentu saja baru. Jadi segmennya sebenarnya tinggal nunggu waktu, karena tinggal beberapa hari lagi. Tapi itu sudah pasti segmen yang baru lagi yang ingin kami masuki,” sambung Budi.

Hyundai akan berpartisipasi di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang diselenggarakan di arena JIExpo, Kemayoran, Jakarta, pada 15-25 Februari 2024. Di IIMS 2024, Hyundai mengonfirmasi akan meluncurkan dua model baru. Dari siluet foto yang ditampilkan dalam presentasi, dua mobil itu berukuran besar dan kecil.

Dua model di antaranya akan dirilis pada gelaran Indonesia International Auto Show (IIMS) 2024 yang diadakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada 15 – 25 Februari.

Selain itu, salah satu model yang akan dikenalkan adalah mobil listrik dengan harga terjangkau, tetapi tetap mengedepankan kualitas dan kenyamanan.

Saat ini, sebanyak delapan tipe kendaraan Hyundai dipasarkan di Indonesia, tersebar untuk segmen sport utility vehicle (SUV), multi purpose vehicle (MPV), dan kendaraan listrik.

HMID mencatatkan pertumbuhan penjualan sebesar 18 persen secara year-on-year pada 2023 berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Dari total unit yang terjual pada 2023, lima produk Hyundai yang paling diminati konsumen adalah Stargazer X, Creta, Ioniq 5, dan Palisade. Sementara wilayah yang mencatatkan penjualan produk tertinggi meliputi Jakarta, Tangerang, Depok, Surabaya, dan Bandung.

Hyundai juga telah meningkatkan kapasitas produksi Ioniq 5 menjadi 1.000 unit per bulan pada tahun 2023, serta terus melakukan pengembangan sarana infrastruktur kendaraan listrik melalui kerjasama dengan berbagai pihak.

Hyundai juga akan peningkatan pembukaan dealer dengan target 145 dealer di Indonesia pada 2024.

“Kami optimistis bahwa 2024 menjadi momen bagi Hyundai untuk semakin memperkuat perannya sebagai game changer di industri otomotif Indonesia dengan menghadirkan lebih banyak inovasi dan solusi customer-centric dalam menjawab kebutuhan konsumen Indonesia,” pungkas Woojune Cha.

Kalau dilihat-lihat, gambar siluet mobil yang berukuran kecil mirip seperti model Hyundai Casper yang dipasarkan di Korea Selatan. Di negeri Ginseng, mobil SUV kompak ini dibekali mesin 1.000 cc turbo. Artinya, jika Hyundai Casper dipasarkan di Indonesia, maka model ini akan bersaing dengan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.(sin)