Basarnas Bersama LPPNPI Tandatangani LOCA Tingkatkan Kesiapan Pertolongan Pelayanan Lalu Lintas Penerbangan

Rabu, 8 Mei 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JAKARTA RAYA — Badan SAR Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) bersama Pusat Informasi Aeronautika Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau yang lebih dikenal sebagai Airnav Indonesia tandatangani Latter of Operational Coordination Agreement (LOCA).

Hal ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan hubungan kesiapan bidang pekerjaan pertolongan kepada pelayanan lalu lintas penerbangan, dan mempercepat koordinasi publikasi informasi dan keamanan penerbangan Indonesia agar sesuai dengan standar Internasional. Bertempat di Hotel Swissbell Kemayoran Jakarta, Selasa (7/5/2024).

Naskah LOCA ini ditandatangani oleh 17 perwakilan Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) serta disaksikan oleh Direktur Keselamatan dan Keamanan dan Standarisasi Perum LPPNPI Ahmad Nurdin Aulia, serta Sekertaris Utama Basarnas Dr. Abdul Haris Achadi. S.H., DESS.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ke 17 Perwakilan Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas tersebut yaitu KPP Makasar, KPP Medan, KPP Yogyakarta, KPP Tanjung Pinang, KPP Palu, KPP Manokwari, KPP Mamuju, KPP Biak, KPP Banda Aceh, KPP Banjarmasin, KPP Cilacap, KPP Kendari, KPP Nias, KPP Semarang, KPP Natuna, KPP Ambon dan KPP Surabaya.

Sekertaris Utama Basarnas Dr. Abdul Haris Achadi. S.H., DESS dalam sambutannya mengatakan, lalulintas udara dari tahun ke tahun terus meningkat. Dengan meningkatnya permintaan akan transportasi udara tersebut, berarti potensi terjadinya kecelakaan pesawat udara semakin rawan. Oleh karenanya Basarnas selaku leading sektor di bidang banyak pertolongan dituntut untuk dapat memberikan pelayanan dengan cepat apabila terjadi kecelakaan pesawat udara,” ujarnya.

Dikatakannya, keamanan dan keselamatan menjadi prioritas utama dalam dunia penerbangan. Untuk mewujudkan hal tersebut salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kerjasama dan koordinasi dari para pemangku kepentingan di bidang penerbangan sipil, diperlukan adanya koordinasi alur komunikasi informasi terkait penyelenggaraan pencarian dan pertolongan,” ucapnya.

Baca Juga :  Civitas Academica UI Diintimidasi, TPN Ganjar-Mahfud: Jadi Preseden Buruk Bagi Pembangunan Demokrasi

Dijelaskannya kerjasama pelayanan ini dimaksudkan untuk meningkatkan dukungan kesiapan bidang pekerjaan pertolongan kepada pelayanan lalu lintas penerbangan dan mempercepat koordinasi publikasi informasi aeronautika untuk memenuhi keselamatan dan keamanan penerbangan Indonesia agar sesuai dengan standar Internasional,” jelas Haris.

“Sebagai tindak lanjut dari nota kesepahaman antara Basarnas dengan LPPNPI tentang penyelenggaraan pertolongan yang telah ditandatangani pada tanggal 20 Juni tahun 2020 lalu dan sebagai tindak lanjut atas kebutuhan pemenuhan Dokumen Mandatory atau yang bersifat wajib dari Organisasi Penerbangan Sipil Internasional ( International Civil Aviation Organization), atau yang disingkat ICAO, kedua pihak menyepakati untuk membuat aturan teknis tentang mekanisme koordinasi penyampaian alur komunikasi aeronautika pada unit-unit pelaksanaan teknis di daerah yaitu antara kantor pencari pertolongan dengan unit pelayanan informasi aeronautika wilayah satu sampai dengan wilayah 10,” tambahnya.

Adapun aturan teknis ini dibuat dalam bentuk nota perjanjian koordinasi operasional atau yang disebut dengan Letter of Operasional Coordination Agreement atau yang singkat dengan LOCA.

Loca ini juga dibuat sebagai tindak lanjut terhadap Internasional Civil Operational Organisation Universal Sefety Oversight Audit Programe yaitu audit sebagai fungsi pengawasan yang dilaksanakan oleh ICAO yang meluruskan kedua otoritas memiliki perjanjian koordinasi operasional pada keadaan marabahaya pesawat udara,” jelasnya.

Sementara dalam kesempatan yang sama Direktur Keselamatan dan Keamanan dan Standarisasi Perum LPPNPI Ahmad Nurdin Aulia menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada tim Badan Pencarian dan Pertolongan serta Pusat Informasi aeronautika yang telah menyusun LOCA ini.

Baca Juga :  Pj Gubernur Jakarta, Pj Gubernur NTT dan Stafsus Menteri Hadiri Sidang Disertasi Notaris Ira Sudjono

Dikatakannya, LOCA yang baru saja ditandatangani ini merupakan wujud sinergi dan komitmen kedua organisasi dalam mendukung peningkatan keselamatan penerbangan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa penerbangan,” ucapnya.

Secara jelas tugas dan fungsi Sar adalah penanganan musibah pelayaran dan atau penerbangan dan atau bencana atau musibah lainnya dalam upaya pencarian dan pertolongan saat terjadinya musibah. Tugas dan fungsinya tersebut beririsan erat dengan tugas fungsi LPPNPI, khususnya terkait dengan pelayanan keselamatan.

Penandatangan LOCA ini merupakan komitmen untuk terus meningkatkan koordinasi antara kerjasama dengan Badan Sar Nasional yang selama ini telah berjalan dengan baik semoga akan menjadi semakin baik lagi.

Kami berharap melalui langkah ini dapat menjawab tantangan dalam industri penerbangan saat ini maupun yang akan datang. Tentunya dengan kualitas layanan yang memenuhi standar keselamatan, keamanan, kenyamanan, berskala global sesuai dengan misi LPPNI yaitu menyediakan layanan navigasi penerbangan yang mengutamakan keselamatan Efisiensi dan ramah lingkungan demi memenuhi ekspektasi pengguna jasa.

Melalui penandatanganan LOCA ini beberapa hal yang menjadi ruang lingkup diantaranya adalah publikasi Informatika Aeronautika terkait kegiatan pencarian dan pertolongan seperti yang akan diterbitkannya Nota dimana tujuan utama ini adalah untuk mencapai tujuan informasi penerbangan dalam upaya menjalin kelancaran operasional keamanan keselamatan dan kegiatan terkait lainnya.

Kami berharap tentunya LOCA ini dapat kita laksanakan dengan sebaik-baiknya sehingga dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak serta masyarakat penerbangan pada umumnya,” tutupnya. (eng)

Penulis : Daeng Patikawa

Editor : Hadits Abdillah

Berita Terkait

DKPP Panggil Desta Dalam Sidang Pemeriksaan Dugaan Kasus Asusila Ketua KPU
‘Angin Perubahan’ Ajak Perempuan Tingkatkan Kontribusi kepada Bangsa
Jemaah Haji Indonesia Dilarang Bawa Jimat, Ancaman Penjara dan Deportasi
Jemaah Indonesia Dilarang Kibarkan Spanduk hingga Bendera di Sekitar Masjid Nabawi
Wadidaw! Legislator PDIP Ini Usul Money Politics Dilegalkan
Pj Gubernur Jakarta, Pj Gubernur NTT dan Stafsus Menteri Hadiri Sidang Disertasi Notaris Ira Sudjono
JMSI Tolak RUU Penyiaran yang Bertentangan dengan UUD 1945 dan UU Pers
Pedangdut Nayunda Terseret Kasus Pencucian Uang SYL
Berita ini 9 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 14:24 WIB

DKPP Panggil Desta Dalam Sidang Pemeriksaan Dugaan Kasus Asusila Ketua KPU

Selasa, 21 Mei 2024 - 07:26 WIB

‘Angin Perubahan’ Ajak Perempuan Tingkatkan Kontribusi kepada Bangsa

Jumat, 17 Mei 2024 - 15:23 WIB

Jemaah Haji Indonesia Dilarang Bawa Jimat, Ancaman Penjara dan Deportasi

Jumat, 17 Mei 2024 - 13:19 WIB

Jemaah Indonesia Dilarang Kibarkan Spanduk hingga Bendera di Sekitar Masjid Nabawi

Rabu, 15 Mei 2024 - 17:25 WIB

Wadidaw! Legislator PDIP Ini Usul Money Politics Dilegalkan

Rabu, 15 Mei 2024 - 13:12 WIB

Pj Gubernur Jakarta, Pj Gubernur NTT dan Stafsus Menteri Hadiri Sidang Disertasi Notaris Ira Sudjono

Rabu, 15 Mei 2024 - 03:23 WIB

JMSI Tolak RUU Penyiaran yang Bertentangan dengan UUD 1945 dan UU Pers

Senin, 13 Mei 2024 - 15:10 WIB

Pedangdut Nayunda Terseret Kasus Pencucian Uang SYL

Berita Terbaru

Daerah

Helmy Halim : eSport Perlu Dukungan Orang Tua

Sabtu, 25 Mei 2024 - 19:17 WIB