JAKARTA RAYA – Bertempat di Restaurant Bambu Oju, Tangerang, telah dilaksanakan Pembukaan dan Pelaksanaan Diklat Kompetensi Personil Pelayanan Penumpang dan Bagasi pada 14 Januari 2024.
Diklat ini diikuti oleh para personil Grup Operasi Bersama Pelayanan Penumpang dan Bagasi “ADORA,” yang dipelopori oleh PT Jaho Mulya Sunjaya (JMS) bersama mitra kerja yang beroperasi di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta.
Diklat ini mencakup materi standar kompetensi dalam pelayanan penumpang dan bagasi, yang meliputi Airport Passenger & Handling Service, Airport Hospitality, dan Aviation Safety & Security Awareness.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Pelatihan ini diikuti oleh personil profesional ADORA dan diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Nurma Avia Training Center, yang telah terakreditasi sebagai Approved Training Centre oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dengan nomor sertifikat I/LD.AVSEC.060/DKP/X/2017 dan I/LD-DG-034/DKP/X/2018.
Pelaksanaan diklat ini mengacu pada Standar Training Package (STP) yang terdiri dari materi teori dan praktik, dipandu oleh fasilitator yang merupakan profesional aktif di industri penerbangan nasional.
Dalam sambutannya pada pembukaan diklat, CEO PT Jaho Mulya Sunjaya, Arifah Mulyani, menyampaikan bahwa “ADORA” sebagai Grup Operasi Bersama Pelayanan Penumpang dan Bagasi di Bandara Internasional Soekarno Hatta berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.
“Melalui diklat ini, diharapkan seluruh personil peserta dapat memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang sesuai standar untuk melayani dengan dedikasi dan profesionalisme,” katanya, melalui keterangannya, Rabu (15/1/2025).
Arifah Mulyani juga menekankan bahwa pelayanan di bandara harus selalu mematuhi regulasi yang mencakup aspek Safety, Security, Services, dan Compliance (3S + 1C). Oleh karena itu, setiap personil yang lulus dari diklat ini akan mendapatkan sertifikat kompetensi dan memenuhi regulasi penerbangan baik secara nasional maupun internasional.
Grup Operasi Bersama Pelayanan Penumpang dan Bagasi “ADORA,” yang dipimpin oleh PT Jaho Mulya Sunjaya (JMS), bersama mitra kerjanya di Bandara Internasional Soekarno Hatta, melaksanakan diklat kompetensi personil ini sebagai bagian dari Rencana Strategis Bisnis (RBS) terkait Capacity Building & Employee Development.
Pembukaan diklat ini juga dihadiri oleh perwakilan instansi pemerintah, operator bandara, operator penerbangan, serta industri pendukung terkait, sebagai bukti komitmen bersama untuk menghadirkan pelayanan penerbangan di Bandara Internasional Soekarno Hatta yang selamat, aman, dan nyaman (SELAMANYA). (hab)