KPU DKI Jakarta Diskusi Bersama Stakeholder Bahas Tahapan dan Dukungan untuk Pilkada

Sabtu, 27 April 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JAKARTA RAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta berharap dapat memperkuat sinergi antar lembaga pemerintah dalam mendukung pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024 pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Wahyu Dinata pada saat membuka Rapat Koordinasi Persiapan dan Dukungan Stakeholder pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024 di Jakarta pada Kamis,(25/4).

“Tingkat partisipasi Pemilihan Presiden Tahun 2024 di wilayah Provinsi DKI Jakarta mencapai 78,78%, Pemilihan DPR RI 77,57%, DPD RI 77,65% dan DPRD Provinsi mencapai 77,46%z. Oleh karena itu, KPU Provinsi DKI Jakarta mengucapkan terima kasih atas dukungan lembaga pemerintah terhadap suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024 yang lalu” kata Wahyu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Wahyu kemudian memaparkan tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024 kepada para pemangku kepentingan atau stakeholder yang terdiri atas unsur pemerintah provinsi, Bawaslu DKI Jakarta, Kodam Jaya, Polda Metro Jaya, Kesbangpol DKI Jakarta, Biro Pemerintahan DKI Jakarta, Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Diskominfotik DKI Jakarta, Disdukcapil DKI Jakarta, Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta, BIN DKI Jakarta, Satpol PP DKI Jakarta, Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Komisi Informasi DKI Jakarta, Komisi Penyiaran DKI Jakarta, Dinas Sosial DKI Jakarta serta perwakilan Walikota Administrasi se-DKI Jakarta.

Baca Juga :  KPU DKI Jakarta : Dokumen Diterima, Pasangan Calon Perseorangan Punya Waktu 3x24 Jam untuk Unggah ke Silon

Kepada masing-masing stakeholder, Wahyu menjelaskan mengenai sejumlah kebutuhan yang dapat didukung untuk para stakeholder di setiap tahapan pemilihan.

“Yang terdekat adalah saat ini kami sedang menjalani proses perekrutan badan adhoc, yaitu PPK. Dan sebentar lagi PPS. Kemudian kami juga akan memulai tahapan pemutakhiran data pemilih yang sudah pasti memerlukan kerjasama dari Dinas Dukcapil” ujar Wahyu.

Kepala Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta Budi Awaluddin menyampaikan bahwa Dinas Dukcapil akan menjamin ketersediaan blangko KTP-el bagi pemilih untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta tahun 2024 tetap aman.

“Kami dari Dinas Dukcapil melakukan hibah pengadaan 5 juta blangko KTP-el, mudah-mudahan kekosongan blangko sudah bisa terpenuhi ditahun ini dan di bulan Mei sudah kami didapatkan, jadi tidak perlu lagi nanti pakai suket. Pada hari Pemilihan, Dukcapil akan terus buka untuk memberikan layanan yang membutuhkan KTP-el” kata Budi.

Wahyu juga menjelaskan bahwa tanggal 5 Mei 2024 akan dimulai tahapan pemenuhan syarat dukungan calon perseorangan.

Merespon hal tersebut, Ketua Bawaslu DKI Jakarta Munandar, menyatakan pihaknya akan memaksimalkan kembali koordinasi dengan KPU DKI Jakarta. “Terkait dengan pencalonan perseorangan, diharapkan sinergi kita di lapangan bisa turun sampai ke tingkat pengawas adhoc kita, terutama dalam melakukan verifikasi administrasi maupun verifikasi faktual terkait dengan dukungan bakal calon” ujar Munandar.

Baca Juga :  KPU DKI Terima Laporan Dana Kampanye Parpol dan Calon Anggota DPD DKI

Selain itu, Direktur Intelkam Polda Metro Jaya Kombes Dedy Kusuma Bakti mengatakan bahwa dalam waktu dekat, Polda Metro Jaya akan menggelar Operasi Mantap Praja guna menyukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2024 mendatang.

“Pada prinsipnya, kami akan mendukung penuh semua tahapan yang sedang dan akan berjalan dalam rangka menyukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024 mendatang” katanya.

Sementara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi DKI Jakarta Taufan Bakri berharap KPU DKI Jakarta dapat lebih gencar dalam sosialisasi kepada pemilih muda.

“Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur akan dipilih oleh sekitar 50% pemilih muda kita. Kota global yang banyak diharapkan akan menyaingi kota global kelas dunia, maka dari itu Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2024 ini harus berkualitas” kata Taufan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta R. Andika Dwi Prasetya juga menyampaikan harapannya agar Pilgub DKI Jakarta tahun ini ramah HAM.

“Kemenkumham DKI Jakarta siap memberikan dukungan penuh kepada KPU Provinsi DKI Jakarta untuk menjalankan tugasnya dalam menyelenggarakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta” kata Andika. (sin)

Penulis : Muksin

Editor : Hadits Abdillah

Berita Terkait

Aliansi Rakyat Jakarta Segera Deklarasikan Dukungan Kepada Anies Baswedan Dalam Pilkada Jakarta
KPU DKI Jakarta Gelar Peluncuran Tahapan Pilkada di Monas
Rapala Bakamla RI Berhasil Kumpulkan 6,8 Ton Sampah di Batam
Kodim 0501/JP Gandeng BPJS Dan Lab Kimia Farma Cek Kesehatan Prajurit, PNS Serta Persit KCK
Lantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Menaker Minta Percepat Pelaksanaan Program Kegiatan
Indonesia dan Libya Jajaki Peluang Kerja Sama Bidang Ketenagakerjaan
Inspektur Furcony Syakura Raih Penghargaan Satyalancana Wira Karya
Kemnaker : KKIN, Wadah Instruktur dan Trainer Saling Berkompetisi
Berita ini 21 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:11 WIB

Aliansi Rakyat Jakarta Segera Deklarasikan Dukungan Kepada Anies Baswedan Dalam Pilkada Jakarta

Kamis, 23 Mei 2024 - 14:28 WIB

Rapala Bakamla RI Berhasil Kumpulkan 6,8 Ton Sampah di Batam

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:20 WIB

Kodim 0501/JP Gandeng BPJS Dan Lab Kimia Farma Cek Kesehatan Prajurit, PNS Serta Persit KCK

Rabu, 22 Mei 2024 - 16:24 WIB

Lantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Menaker Minta Percepat Pelaksanaan Program Kegiatan

Selasa, 21 Mei 2024 - 16:15 WIB

Indonesia dan Libya Jajaki Peluang Kerja Sama Bidang Ketenagakerjaan

Selasa, 21 Mei 2024 - 08:25 WIB

Inspektur Furcony Syakura Raih Penghargaan Satyalancana Wira Karya

Senin, 20 Mei 2024 - 15:28 WIB

Kemnaker : KKIN, Wadah Instruktur dan Trainer Saling Berkompetisi

Jumat, 17 Mei 2024 - 08:19 WIB

Berikan Fasilitas Kredit Kepemilikan Tempat Usaha di Pasar Sukasari Bogor, Bank DKI Gandeng Perumda Pasar Pakuan Jaya

Berita Terbaru

Daerah

Helmy Halim : eSport Perlu Dukungan Orang Tua

Sabtu, 25 Mei 2024 - 19:17 WIB