Kualitas Hidup Kesehatan Masyakarat, Ditopang 4 Rumah Sakit Umum Daerah

Kamis, 21 September 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ahmed Zaki Iskandar berhasil mendirikan 4 rumah umum daerah di Kabupaten Tangerang

Ahmed Zaki Iskandar berhasil mendirikan 4 rumah umum daerah di Kabupaten Tangerang

JAKARTA RAYA – Bupati Tangerang mengatakan, dalam capaian 10 program unggulan, untuk memenuhi kualitas hidup kesehatan masyakarat 4 Rumah Sakit Umum Daerah kini siap melayani masyarakat kabupaten Tangerang, Yakni RSUD Tangerang, RSUD PaKuhaji, RSUD Balaraja, dan terbaru Tigaraksa.

“Kami Fokus pada pelayanan dasar akan kesehatan masyarakat, dan alhamdulillah di 10 tahun ini, 4 rumah sakit siap melayani, ” kata Bupati zaki dalam video yang diterima, Rabu (20/9/2023).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang Achmad Muchlis mengatakan, dibawah kepemimpinan Zaki, pelayanan kesehatan termasuk 10 program unggulan yang semua terealisasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Bicara pelayanan kesehatan, kata kadinkes, untuk pelayanan kesehatan juga menjadi program utama bagi Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, yaitu masalah stunting dan gizi kurang, dimana ini merupakan isu serius yang mempengaruhi kesehatan dan masa depan jutaan anak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Untuk menghadapi tantangan ini, Pemerintah Kabupaten Tangerang dengan tegas meluncurkan program inovatif yang dikenal sebagai Gelang Cantiku. Program ini merupakan Gerakan Langkah Cegah Anak Stunting dan Gizi

Kurang yang bertujuan untuk memberikan perubahan signifikan dalam penanggulangan stunting dan gizi kurang di kabupaten tersebut.

Dilatarbelakangi oleh data dan fakta yang mengkhawatirkan, Program Gelang Cantiku mengintegrasikan pengetahuan ilmiah dari lembaga internasional seperti World Health Organization (WHO) dan berbagai laporan riset mengenai dampak jangka panjang stunting dan gizi kurang pada anak-anak. Studi yang dilakukan oleh Victora et al. (2008) dan Black et al. (2013) menjadi landasan untuk menyusun strategi komprehensif dalam mengatasi masalah ini.

Baca Juga :  Jangan Konsumsi 5 Ikan Ini Jika Penderita Darah Tinggi

Data dari Global Nutrition Report tahun 2020 menunjukkan bahwa sekitar 27,7% anak di Indonesia mengalami stunting. Di Kabupaten Tangerang, masalah stunting dan gizi kurang juga menjadi perhatian serius. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah telah menetapkan regulasi seperti Peraturan Bupati Nomor 16 tahun 2020 dan surat keputusan Bupati Nomor 440/126-Huk/2022 sebagai dasar program ini. Selain itu, Pemerintah Indonesia juga telah menerbitkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Anak Stunting, yang menjadi landasan kebijakan untuk mempercepat penurunan stunting dan meningkatkan kualitas pertumbuhan anak.

Salah satu kebaruan dalam Program Gelang Cantiku adalah penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pemantauan dan evaluasi program. Melalui aplikasi berbasis mobile, petugas kesehatan dapat mengumpulkan data tentang status gizi anak secara langsung.

” Data ini membantu memberikan gambaran yang lebih akurat tentang masalah stunting dan gizi kurang di wilayah Kabupaten Tangerang. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan saran gizi yang spesifik kepada orang tua atau pengasuh anak, sehingga mereka dapat memberikan asupan gizi yang optimal bagi anak-anak mereka, ” kata Achmad Muchlis, Kadinkes lagi .

Baca Juga :  Jelang Ramadhan Stok Beras di Jakarta Aman

Gerakan Langkah Cegah Anak Stunting dan Gizi Kurang ini juga menerapkan pendekatan lintas sektoral yang melibatkan sektor kesehatan, pendidikan, dan pertanian. Kolaborasi erat antar-sektor ini memungkinkan pendekatan holistik dalam mengatasi masalah stunting dan gizi kurang. Dengan melibatkan masyarakat dan memberikan edukasi gizi yang tepat, program ini berusaha menciptakan perubahan budaya dan perilaku yang berdampak positif pada gizi anak.

Menurut Bupati Zaki lagi, rancang bangun program ini juga dilakukan dengan pendekatan berbasis bukti, dengan evaluasi rutin untuk menilai efektivitas program dan memberikan masukan untuk perbaikan di masa mendatang. Dengan peraturan yang kuat, inovasi teknologi informasi, dan kolaborasi lintas sektoral, Program Gelang Cantiku diharapkan dapat memberikan perubahan positif yang signifikan dalam penanggulangan stunting dan gizi kurang di Kabupaten Tangerang.

“Program Gelang Cantiku akan menjadi tonggak baru dalam upaya kita untuk menciptakan generasi masa depan yang sehat, cerdas, dan berpotensi tinggi. Melalui kerjasama dan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat, kita yakin bahwa kita dapat mengatasi masalah stunting dan gizi kurang, dan memberikan masa depan yang lebih baik bagi anak-anak kita,” ujar Bupati Kabupaten Tangerang dalam peluncuran resmi Program Gelang Cantiku. (guh/den/ris/hmi)

Penulis : Hadits Abdillah

Editor : Hadits Abdillah

Berita Terkait

Sutejo, Ahli Terapi Telapak Petir yang Jago Bikin Lagu
Waspada, DBD di Jaksel telah Merenggut Jiwa Seorang Warga
Langkah Pemprov DKI Gencarkan Vaksinasi DBD dapat Dukungan
Inilah Manfaat Kurma Basah saat Berbuka Puasa
BPOM Temukan Mie Berformalin
Terbitkan Buku Evaluasi Efektivitas PPKM dalam Penanganan Pandemi COVID-19, UI Diapresiasi Kemendagri
Pemkot Terus Lakukan Berbagai Upaya Kasus DBD di Jaksel Meningkat Lebih Seratus persen
Pemprov Jamin Ketersediaan Pangan
Berita ini 48 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 5 April 2024 - 15:17 WIB

Sutejo, Ahli Terapi Telapak Petir yang Jago Bikin Lagu

Selasa, 2 April 2024 - 10:02 WIB

Waspada, DBD di Jaksel telah Merenggut Jiwa Seorang Warga

Kamis, 28 Maret 2024 - 11:04 WIB

Langkah Pemprov DKI Gencarkan Vaksinasi DBD dapat Dukungan

Selasa, 26 Maret 2024 - 13:13 WIB

Inilah Manfaat Kurma Basah saat Berbuka Puasa

Jumat, 22 Maret 2024 - 10:33 WIB

BPOM Temukan Mie Berformalin

Senin, 11 Maret 2024 - 09:34 WIB

Terbitkan Buku Evaluasi Efektivitas PPKM dalam Penanganan Pandemi COVID-19, UI Diapresiasi Kemendagri

Senin, 4 Maret 2024 - 10:25 WIB

Pemkot Terus Lakukan Berbagai Upaya Kasus DBD di Jaksel Meningkat Lebih Seratus persen

Jumat, 1 Maret 2024 - 10:08 WIB

Pemprov Jamin Ketersediaan Pangan

Berita Terbaru

Kriminal

Polsek Cengkareng Periksa Lima Saksi dalam Kasus Anak Bacok Ibu

Selasa, 16 Apr 2024 - 10:48 WIB

Caption Tugu Monas yang menjadi icon Jakarta.(ist)

Pemerintahan

Pansus Pasca IKN DPRD DKI Persiapkan Jakarta sebagai Kota Aglomerasi

Selasa, 16 Apr 2024 - 10:44 WIB

Politik

Prabowo-Titiek, Rujuk?

Selasa, 16 Apr 2024 - 10:30 WIB